Organisasi adalah sekelompok orang (2 atau lebih) yang secara formal dipersatukan dalam suatu kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Pengorganisasian Adalah proses kegiatan penyusun struktur organisasi sesuai dengan tujuan-tujuan, sumber-sumber dan lingkungannya.
Faktor penting dalam organisasi
Sekelompok orang , Kerjasama, Tujuan yang ditentukan
Contoh : Partai, Perusahaan, Jasa / barang, Koperasi, Klub-Klub, Negara, Karang Taruna, dsb..
Macam-macam Organisasi
1. Formal : Resmi, ada surat izin pendirian, tujuan jelas dan surat ditetapkan sebelumnya, Keanggotannya mengikat.
2. Informal : Terbentuk karena adanya persamaan tujuan / spontan, Tidak resmi.
Teori –teori Organisasi
(Sistem tertutup)
1. Teori Klasik (Teori Tradisional) Th. 1800 an
Struktur hubungan kekuasaan-kekuasaan, tujuan-tujuan, peranan-peranan, Kegiatan-kegiatan, komunikasi dan faktor-faktor lain yang terjadi bila orang bekerjasama.
1. Teori Birokrasi
Menekankan stuktur dalam organisasi
2. Teori Administrasi
Menekankan pembagian kerja sebagai faktor utama dalam organisasi
3. Manejemen Ilmiah
Menerapkan pada metode ilmiah yaitu studi, analisa dan pemecahannya
2. Teori Neo Klasik (Th. 1930)
Pentingnya aspek psikologi dan social karyaan sebagai individu maupun sebagai kelompok kerjanya.
3. Teori Organisasi Modern (Abad 20) : Sistem Terbuka
Organisasi merupakan sistem terbuka yang harus menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
Pengorganisasian Adalah proses kegiatan penyusun struktur organisasi sesuai dengan tujuan-tujuan, sumber-sumber dan lingkungannya.
Faktor penting dalam organisasi
Sekelompok orang , Kerjasama, Tujuan yang ditentukan
Contoh : Partai, Perusahaan, Jasa / barang, Koperasi, Klub-Klub, Negara, Karang Taruna, dsb..
Macam-macam Organisasi
1. Formal : Resmi, ada surat izin pendirian, tujuan jelas dan surat ditetapkan sebelumnya, Keanggotannya mengikat.
2. Informal : Terbentuk karena adanya persamaan tujuan / spontan, Tidak resmi.
Teori –teori Organisasi
(Sistem tertutup)
1. Teori Klasik (Teori Tradisional) Th. 1800 an
Struktur hubungan kekuasaan-kekuasaan, tujuan-tujuan, peranan-peranan, Kegiatan-kegiatan, komunikasi dan faktor-faktor lain yang terjadi bila orang bekerjasama.
1. Teori Birokrasi
Menekankan stuktur dalam organisasi
2. Teori Administrasi
Menekankan pembagian kerja sebagai faktor utama dalam organisasi
3. Manejemen Ilmiah
Menerapkan pada metode ilmiah yaitu studi, analisa dan pemecahannya
2. Teori Neo Klasik (Th. 1930)
Pentingnya aspek psikologi dan social karyaan sebagai individu maupun sebagai kelompok kerjanya.
3. Teori Organisasi Modern (Abad 20) : Sistem Terbuka
Organisasi merupakan sistem terbuka yang harus menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
0 komentar:
Post a Comment